•  
  •  
 

Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Keywords

ARDUINO MEGA2560, Fingerprint, GPRS, Keamanan Motor

Document Type

Article

Abstract

Tujuan pembuatan Tugas Akhir ini adalah: (1) merancang fingerprint dan gprs pada sistem pengaman sepeda motor, (2) mengimplementasi fingerprint dan gprs pada sistem pengaman sepeda motor, (3) mengetahui unjuk kerja fingerprint dan gprs pada sistem pengaman sepeda motor. Komponen utama yang digunakan adalah Arduino Mega sebagai pusat olah data , fingerprint sebagai keamanan utama, gprs sebagai kemanan kedua. dan kode numerik sebagai penulisan password serta mensetting sistem. Langkah Pembuatan Sitem Keamanan Ganda Sepeda Motor Berbasis Arduino Untuk Peningkatan Keamanan ini adalah (1) Perancangan Perangkat Keras: pertama Pembuatan Skematik Sistem , kedua Pembuatan Layout PCB, ketiga Pembuatan Desain 3D, terakhir Desain box finising, (2) Perancangan Perangkat Lunak pertama Pembuatan alur diagram kedua Pembuatan program Arduino. Berdasarkan Hasil pengujian yang telah dilakukan (1) Fingerprint pada sistem pengaman kendaraan ini menjadi komponen keamanan utama yang sulit ditembus, (2) GPRS dapat mengirim pesan ke Android pemilik Sepeda Motor, (3) Kode Numerik dapat mengirimkan kode angka yang tepat, (4) Sistem alat bekerja dengan baik, dimana Fingerprint mengirim data sidik jari ke Arduino lalu Sepeda motor ON atau Kode Numerik mengirim Password ke Arduino lalu Arduino memproses Sepeda Motor ON apabila gagal 3 kali alarm berbunyi serta mengirim pesan ke Android.

First Page

1

Last Page

10

Page Range

01-10

Issue

1

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v5i1.34592

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/34592

References

P. Priyambodo, “Analisis Korelasi Jumlah Kendaraan dan Pengaruhnya Terhadap PDRB di Provinsi Jawa Timur,” War. Penelit. Perhub., vol. 30, no. 1, p. 59, Jul. 2018.

C. W. Wijayanti, “Citra Mahasiswa Menggunakan Kendaraan: Studi Fenomenologi Mahasiswa UNSdalam Membangun Citra Menggunkaan Kendaraan Sepeda Motor,” J. Anal. Sosiol., vol. 6, no. 2, pp. 91–106, 2017.

B. S. Indonesia, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018,” Badan Pusat Statistik, 2020. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133.

S. R. M. Purba, “Upaya polisi dalam penanggulangan tindak pidana pencurian sepeda motor di wilayah hukum Kepolisian Resort Sleman,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2016.

S. S. P. dan Keamanan, Statistik Kriminal 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2019.

A. Ali and Z. Lukman, “Faktor-Faktor Dan Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor (Studi Kasus Polresta Banda Aceh),” J. Justisia J. Ilmu Hukum, Perundang-undangan dan Pranata Sos., vol. 4, no. 1, p. 23, Dec. 2019.

M. Ono, “Penanggulangan Kejahatan Pencurian Kendaraan Bermotor Di Kota Palu,” Tadulako Master Law J., vol. 2, no. 1, pp. 63–75, 2019.

E. Hartanto, “Kebijakan kriminal terhadap pencegahan pencurian kenderaan bermotor (studi di kepolisian sektor sunggal),” USU Law J., vol. 3, no. 1, pp. 101–112, 2015.

Y. Purnomo and J. Hafidz, “Tinjauan yuridis terhadap pencurian sepeda motor di kabupaten Grobongan (Studi kasud Polres Grobogan),” in Prosiding Komferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, 2019, pp. 592–603.

T. Juwariyah, D. Widiyanto, and S. Sulasmingsih, “Purwa Rupa Sistem Pengaman Sepeda Motor Berbasis IoT (Internet of Things),” J. Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, vol. 11, no. 1, p. 49, May 2019.

A. M. Syafar, “Perancangan sekuriti sistem kendaraan motor dengan teknologi near field communication (NFC),” J. Instek, vol. 2, no. 2, pp. 130–139, 2017.

W. W. I. W. Jusoh, K. A. M. Annuar, S. H. Joharia, I. M. Saadon, and M. H. Harun, “Motorcycle Security system using GSM and RFID,” J. Adv. Res. Appl. Mech., vol. 16, no. 1, pp. 1–9, 2015.

Y. Normawan and H. Supriyono, “Keamanan sepeda motor berbasis kunci rahasia aplikasi android dan sistem mikroprosesor,” J. Emit., vol. 19, no. 1, pp. 1–5, 2019.

D. I. Prasetya and M. Mushlihudin, “Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Kata Sandi Berbasis Arduino Nano,” J. Ilm. Tek. Elektro Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, p. 11, Jun. 2018.

F. Napitupulu, E. Kurniawan, and Cahyantari Ekaputri, “Desain dan implementasi sistem keamanan sepeda motor berbasis mikrokontroller,” e-Proceeding Eng., vol. 4, no. 2, pp. 1449–1456, 2017.

D. E. Kurniawan and M. N. Surur, “Sistem Pengaman Sepeda Motor Berbasis Perangkat Bergerak dengan Notifikasi dan Kendali Mesin,” J. Sist. Inf., vol. 1, no. 2017, pp. 1159–1165, 9AD.

K. D. Artika, “Rancang bangun sistem pengaman pada sepeda motor dengan memanfaatkan sensor encoder dan sensor ping,” ROTOR, vol. 6, no. 1, 2013.

D. Andesta and R. Ferdian, “Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler dan Modul GSM,” J. Inf. Technol. Comput. Eng., vol. 2, no. 02, pp. 51–63, Sep. 2018.

M. M. Thoyyib, “Sistem keamanan sepeda motor dari perampasan menggunakan SMS dan GPS berbasis arduino uno,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.

Y. P. Putra and Edidas, “Pengembangan Sistem Keamanan Sepeda Motor Mengggunakan Arduino Uno Berbasis Smartphone Android,” J. Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 1, 2020.[21]Malathi R. and Jeberson Retna Raj R., “An Integrated Approach of Physical Biometric Authentication System,” Procedia Comput. Sci., vol. 85, pp. 820–826, 2016.

S. R. Department, “Smartphone users in Indonesia 2015-2025,” Statista, 2020. [Online]. Available:https://www.statista.com/statistics/266729/smartphone-users-in-indonesia/.

T. Bobbe, J. Krzywinski, and C. Woelfel, “A comparison of design process models from academic theory and professional practice,” in International Design Conference -Design, 2016, pp. 1205–1214.

Share

COinS