•  
  •  
 

Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Keywords

JST, mikrokontroler, navigasi slide, pengenalan suara

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem navigasi slide yang dikendalikan suara dan menilai kinerjanya. Metode penelitian yang dipakai riset dan pengembangan (R&D). Model pengembangan dilakukan mengunakan prinsip ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yang berulang; dimulai dari a) analisis, b) desain, c) developing, d) implementasi, dan e) evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi uji fungsional untuk mencari nilai akurasi. Proses pemanggilan perintah navigasi slide diproses melalui pencocokan dengan karakteristik input sehingga menghasilkan data output berformat 'Head (AA) | Length | Command | Data | End (0A)' dalam heksadesimal. Pemanfaatan algoritma JST mampu memberikan respon yang cukup handal terbukti 85% data rekognisi akurat

First Page

182

Last Page

188

Page Range

182-188

Issue

3

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v1i3.13531

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/13531

References

Arduino UNO and Genuino UNO, https://www.arduino.cc/en/mairdui noBoardUno diakses pada 15 Desember 2017.

Ariyadi, R., Purnomo M. H., Ramadijanti N., Dewantara B. S. (2010) Pengenalan Rasa Lapar Melalui Suara Tangis Bayi Umur 0-9 Bulan dengan Menggunakan Neural Network.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Chaeruman. (2008). Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE. Jakarta: PT Remaja

Rosdakarya. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fatchul A, dkk. (2015). Pengenalan Suara untuk Navigasi Microsoft Powerpoint sebagai Media Pembelajaran menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. FT UNY.

Fausett, L. (1994). Fundamental of Neural Network. New Jersey: Prentince Hall International Edition. Hapsari. J.P. (2011). Aplikasi Pengenalan Suara dalam Pengaksesan Sistem Informasi Akademik.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Smaldino, E.S., Russel, J.D., Heinich, R., (2004). Instructional Media and Technologies for Learning (8thEdition). New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo dan Lis Permana Sari.(2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY. Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovativ-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wasis. (2004). Konsep Penelitian dan Pengembangan.Malang: Universitas Negeri Malang.

Share

COinS