•  
  •  
 

Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

Keywords

tracer study, Pendidikan Teknik Informatika, alumni

Document Type

Article

Abstract

Penelitian tracer study ini bertujuan untuk memperoleh gambaran lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan, mendeskripsikan penilaian alumni mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan program yang ada di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT UNY dan mendeskripsikan penilaian pengguna alumni terhadap kompetensi lulusan Pendidikan Teknik Informatika FT UNY. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif (qualitative research) melalui pendekatan survei mencakup tiga tahapan: 1) pengembangan konsep dan instrumen; 2) pengumpulan data; dan 3) analisa data dan pelaporan. Metode sampling dengan cara random, dengan proporsi 30% secara proporsional sesuai dengan jumlah lulusan. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari alumni dan pengguna alumni melalui kuesioner yang terstruktur. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Google docs dan penyebaran secara langsung kepada alumni atau pengguna alumni yang diketahui dengan jelas keberadaannya. Pengumpulan data lapangan dimulai pada Mei 2015 hingga Agustus 2015.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan yaitu sebanyak 88%, sementara lainnya membutuhkan waktu selama lebih dari 18 bulan sebanyak 7%, rentang 6 - 12 bulan sebanyak 3%, dan rentang 13 - 18 bulan sebanyak 2%. Mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan, alumni memberikan penilaian baik dari persepsi semua aspek, namun dibutuhkan peningkatan dari segi SDM maupun fasilitas sarana dan prasarana. Pengguna alumni menilai bahwa kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dari segi aspek integritas, profesionalisme, penggunaan TI, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri sangat baik, namun masih kurang dalam penggunaan bahasa, khususnya bahasa Inggris.

First Page

44

Last Page

45

Page Range

44-45

Issue

1

Volume

1

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/elinvo.v1i1.10878

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/view/10878

References

Anonim. 2002. Bahan Pelatihan Metode Pelaksanaan Studi Pelacakan. Jakarta: Depdiknas-ADB.

Cascio, W F., dan Awad. 1981. Human resourcesmanagement : an information system approach. Virginia : reston publishing company.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus besar bahasa indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dhyah Setyotini,dkk. 2012. Kajian relevansi kemampuan penguasaanbahasa asing dan teknologi informasi lulusan prodi akuntasiFE UNY. Yogyakarta.

John M. Echols dan Hasan Shadily. 2014. Kamus inggris-indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Marwata, 2009. Eksistensiperguruan tinggi swasta. Diunduh dari http://cetak.kompas.com/read/2009/1 0/14/11011932/eksistensi.perguruan.tinggi.swasta.

Moh. Nazir. 1999. Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rasiman, dkk. 2008. Penelusuran lulusan Program Studi PendidikanMatematika IKIP PGRI Semarang melalui Studi Pelacakan (Tracer Study) Sebagai Umpan Balik Penyempurnaan Kurikulum Tahun 2008. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, (online), Vol.2 No.2, (http://www.academia.edu/1939473/penelusuran_lulusan_program_studi_pendidikan_matematika_ikip_pgri_semarang_melalui_studi_pelacakan_tracer_study_sebagai_, diakses 28 Desember 2015)

Robbins, Stephen dan Judge, Timoth A. 2007. Organizational behaviour12nd Edition. New Jersey : Upper Saddle River.

Setiawan Bambang & Ahmad Muntaha. 2000. Metode penelitiankomunikasi II. Jakarta: Universitas Terbuka.

Schomburg, Harald. 2003. Handbook for Graduate Tracer Studies: Centre for Research on Higher Educationand Work, University of Kassel, Germany. Diunduh dari http://www.qtafi.de/handbook_v2.pdf.SEARCA. 2008. Tracer Study on SEARCA Fellows and UC Grantees. http://aau.org/studyprogram/web/scholarship. 24 Agustus 2008

Soemantri, dkk. 2010. Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi Uny Tahun 2005 –2009. Yogyakarta: FISE UNY.

Share

COinS